Wednesday, September 11, 2013

cilukba!



Jakarta, 11 September 2013

Di indonesia sering kali kita melihat orang dewasa menghadap ke anak kecil sambilmenutup muka dengan tangan dan membuka tangan sambil berkata "cilukba!". 
Suatu bahasa lintas budaya, hampir semua anak Indonesia pernah bermain cilukba. Saya pribadi tidak tau asal usul budaya ini. 

Berbicara tentang cilukba, saya merasa ini adalah sebuah konsep yang cukup unik untuk menyenangkan anak kecil. 

Disaat anak sudah mulai hampir remaja, cilukba terasa kuno dan mulai digantikan dengan mengagetkan orang sambil berteriak "dor!" Atau "boo!", sambil menyaksikan korban kaget atau latah si anak pun senang karena sekarang gantian kagetin orang. 


Berbicara tentang kaget, beberapa waktu yang lalu saya memberikan kabar gembira ke teman teman saya kalau saya akan bekerja dengan RZIM, sebuah organisasi International bergerak dalam bidang pelayanan pengajaran apologetika dan Theologia. Natur dari pekerjaan saya akan melibatkan banyak sekali traveling, sehingga saya akan bolak balik Jakarta dan kota/negara lain.

Beberapa hari yang lalu saya berangkat ke hong kong untuk menghadiri seminar yang diadakan RZIM dan tadi malam saya tiba di Jakarta. Besok pagi saya akan berangkat ke Singapura untuk acara seminar, kembali ke Jakarta dan berangkat ke Malaysia untuk acara Gereja. Seperti inilah kegiatan bila sedang banyak acara dari Yayasan.

Hari ini Beberapa teman saya kaget kok saya sudah balik lagi ke Jakarta. 
Ingin saya jelaskan tentang natur pekerjaan saya dan meyakinkan mereka bahwa saya masih tinggal di jakarta walaupun sudah tidak bekerja di Jakarta, namun saya menyadari bagaimana repotnya menjelaskan satu persatu sehingga saya mungkin harus menjawab pertanyaan "loh kok udah balik?" Dengan senyuman lebar dan memberikan jawaban kuno yaitu "cilukba!"


Biarlah hatimu tersenyum, agar sukacita wajahmu. Selamat tidur dan mimpi indah! 



Salam kasih, 

Tracy

No comments: