Saturday, September 07, 2013

Rasa tegang yang sangat penting


Hong Kong, 7 September 2013

Pagi tadi saya mempersiapkan diri lahir batin, secara lahiriah saya berpakaian lebih rapi, rambut digulung biar berombak, secara batiniah saya berdoa tiada henti, melebihi hari hari sebelumnya, memohon pimpinan Roh Kudus, agar semua untuk kemuliaan Tuhan.

Pagi tadi adalah hari bersejarah bagi saya pribadi karena hari ini saya akan berbicara di acara Oxford in Asia, dihadapan sekitar 370 peserta seminar.
Hari ini pertama kalinya saya berbicara sebagai pembicara dari RZIM.

Antusias dan rasa tegang menyatu didalam dada, disatu sisi saya senang diberi kesempatan emas seperti ini, dilain sisi saya tegang banget karena topik saya adalah puncak acara alias paling terakhir alias penutupan alias bikin saya mau pingsan.



Dari pagi saya duduk di paling belakang, mendengar pengajaran yang sedang berlangsung sambil mempersiapkan materi yang akan saya bawakan.

Hingga tiba waktunya saya akhirnya maju kedepan dan mulai berbicara ...

Saya membuka pembicaraan dengan suatu hal yang kita semua sukai yaitu makan, begini pembukaan saya:

Sebagai orang Asia, saya sangat bangga dengan keragaman makanan di Asia. 
Ketika saya tinggal di Inggris,  Saya sering mengatakan kepada teman sekolah bahwa kami di Asia, saya mewakili Indonesia, mempunyai satu kalimat pendek untuk secara tidak langusng mengatatakan kami mengasihi anda, yaitu dengan bertanya satu pertanyaan penting yaitu.... "Sudah makan? makan yuk!" 

Berhubungan dengan makanan, hal yang saya paling sukai adalah bagian terakhir yaitu sajian penutupan, alias dessert. 

Tetapi bila berhubungan dengan seminar, saya lebih suka menjadi yang pertama atau yang kedua untuk berbicara, sebelum nama-nama besar mulai berbicara dengan menaikan standar yang terlalu tinggi.
Tetapi kali ini tidak.  Tepat setelah nama-nama besar seperti John Lennox, Michael Ramsden, I'ching Thomas, John Dickson, Kristopher Bate yang telah berbicara... muncul nama baru, orang terakhir yang berbicara sebagai penutupan sesi. saya! gimana ga tegang! 

New Kid on the block, hari ini adalah hari ke 7 say bekerja dengan RZIM. 

Terlepas dari ini pengajaran terakhir, saya berharap kelembutan kasih kristus membuat setiap pendengar semakin mengasihi dan hidup kudus dalam Kristus.






Akhir dari seminar ini sungguh sungguh berakhir dengan manis. 
Saya berharap setiap laskar yang telah hadir tadi siap untuk memasuki misi Tuhan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal untuk kemuliaan Tuhan. 



Setelah seminar ditutup kami semua segera pergi ke sebuah acara friends of RZIM Hong Kong, dimana kami akan bertemu dengan banyak teman teman yang mendukung pelayanan RZIM di Hong Kong. 

Saya mendapat kesempatan untuk mengenal beberapa orang dan betapa senangnya mendengar talenta yang mereka miliki dipakai untuk mempermuliakan Tuhan dalam pekerjaan maupun pelayanan. 

Disaat saya belihat prof John Lennox, saya menyapa dan bertanya kabarnya, iapun balik bertanya bagaimana tadi disaat saya berbicara diacara penutupan. 
Saya berkata jujur kepada Prof. Lennox kalau saya tegang banget tadi, sampe ga bis makan makanan siang. 

Beliau berkata "baguslah, memang harus tegang" Ia melanjutkan "Ada dua macam rasa tegang, yaitu:
1. Disaat kamu tegang karena kamu ingin tampil menarik dan baik, untuk kepentingan mu sendiri.
2. Rasa tegang karena kamu mau memberikan yang terbaik agar pendengar bisa mengenal kristus lebih sungguh lagi.

Tegang  nomer kedua itu harus selalu ada, sampai tua nanti sekalipun." Ujarnya sambil menutup kalimat. 

Senangnya mendengar nasihat bijak dan kiranya seumur hidup hamba kan selalu tegang untuk memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan. 

Setelah menerima nasihat, saya meminta teman untuk mengabadikan moment berharga ini, kami photo bersama.







 Dikamar hotel ini saya menyelesaikan tulisan blog ini, namun banyak sekali yang ada didalam pikiran, ingin ditulis, apa daya mata sudah 5 watt, biarlah tulisan ini tidak terselesaikan dengan indah karena esok ada hari lain untuk memperbaiki. 



Salam kasih,

Tracy 





No comments: